Apakah HPL & Bagaimana Sejarah HPL

Menciptakan sebuah interior atau furnitur yang indah dan mewah tidak selalu menggunakan bahan yang mahal, karena sebuah material finishing interior menjadi solusi yang kini banyak digunakan, baik personal, interior design maupun kontraktor.

Material tersebut adalah HPL (High Pressure Laminate), HPL adalah sebuah produk pelapis atau penutup dengan bahan plastik sintetis berupa lembaran laminasi bertekanan tinggi. Produk ini terdiri dari beberapa lapisan antara lain, lapisan kraft yang diresapi resin fenolik (kraft paper), lapisan dekoratif (decor paper), dan lapisan laminasi bening (overlay paper).

Sejarah HPL (High Pressure Laminate)

HPL  ditemukan pertama kali oleh seorang ahli kimia asal Belgia bernama Leo Hendrik Baekeland pada 1896. Awalnya ia justru ingin membuat temuan berbahan plastik sintetis sebagai alternatif isolator murah bagi peralatan listrik. Namun, siapa menyangka karena eksperimennya tersebut membuahkan hasil bahkan diaplikasikan oleh banyak orang di dunia.

Kini kita mudah menemukan HPL dalam berbagai bentuk, dan dijual dengan harga bervariasi serta bermutu. Namun, HPL bukan barang yang sempurna karena mudah patah. Tentu saja ini tidak akan menjadi masalah bagi konsumen yang ingin memiliki lemari atau pintu minimalis dengan bujet terjangkau.

Apa Kelebihan HPL (High Pressure Laminate)?

Memilih HPL sebagai bahan pelapis furnitur memiliki babarapa kelebihan sebagai berikut:

1. HPL (High Pressure Laminate) tahan lama.

HPL merupakan bahan dengan proses yang diolah langsung oleh pabrikan, finishing jenis ini memiliki ketahanan yang baik untuk penggunaan jangka panjang.

2. Proses Pemasangan HPL Lebih Cepat dan Rapi

Berbeda  dengan finishing menggunakan duco atau melamin, pemasangan finishing HPL lebih mudah dan cepat, Karna pemasangan finishing HPL cukup dengan menggunakan lem. Selain itu finishing menggunkan HPL juga memberi hasil yang rapi.

3. Sifat HPL adalah Anti Air dan Anti Gores

Dengan memiliki bahan plastik keras, membuat HPL memiliki kekuatan yang baik terhadap air dan udara panas hingga goresan.

4. Banyak pilihan corak

HPL kini memiliki banyak corak, seingga sering menjadi pilihan untuk mengganti bahan tertentu. Biasanya HPL yang dikenali kebanyakan orang adalah HPL dengan corak atau motif kayu, namun kini HPL memiliki banyak pilihan diataranya batu, marmer, pola tertentu dan lain sebagainya. Bahkan HPL memiliki berbagai terkstur, halus, doff, glossy dan kasar.

5 HPL memiliki harga lebih murah.

Harga HPL sangat variatif, tergantung corak dan type, namun harga HPL dibilang lebih mudah dibanding bahan lain.