Hati - Hati Memilih HPL



HPL memiliki banyak warna dan corak yang bisa Anda aplikasikan pada permukaan furniture atau interior. Dari sekian banyak corak dan warna HPL, umumnya paling sering digunakan adalah HPL Laminate dengan motif kayu. Motif HPL kayu sendiri memiliki beragam jenis dengan motif serat yang beragam serta warna kayu dari putih, coklat sampai hitam sehingga kita bisa memilih corak hpl kayu sesuai dengan kebutuhan. Bukan hanya dari corak dan warna saja, HPL kayu memiliki permukaan yang berbeda, permukaan halus, mengkilat atau glossy dan tekstur.

Di Indonesia ada banyak distributor yang menjual HPL dengan beragam kelebihan ini. Namun, satu keuntungan yang sudah pasti akan Anda dapatkan dari penggunaan HPL Laminate adalah tahan terhadap goresan dan anti air. HPL Laminate terbukti kuat karena bahan utamanya merupakan plastik kertas PVC dengan permukaan bertekstur dan juga lebih kuat jika dibandingkan dengan material sheet yang biasanya banyak digunakan pada furniture-furniture murah.


HPL di Indonesia sendiri sangat beragam, jika kita menilik dari harganya sangat variatif namun perlu kita perhatikan, jangan tergiur dengan harga HPL yang murah, karena banyak beredar HPL recycle. 

Agar lebih mudah kita akan membahas bagaimana  cara memilih HPL:


Lihat Desain Dan Tampilan Luarnya

Cara pertama yang bisa Anda lakukan dalam memilih HPL Laminate yang baik adalah pilihlah HPL Laminate dengan decorative paper yang jelas atau seratnya tegas. Bukan seperti decorative paper palsu yang coraknya memang bagus namun seratnya tidak terlalu jelas terlihat. Hal inilah yang perlu Anda perhatikan, karena di pasaran juga ada HPL Laminate yang memiliki desain serupa dengan HPL Laminate dari brand tertentu namun sebenarnya merupakan produk palsu yang hanya di copy desainnya.

HPL Laminate palsu ini memiliki warna yang mudah pudar setelah penggunaan selama beberapa waktu. Jelas berbeda dengan HPL Laminate dari brand ternama yang memiliki serat decorative paper yang jelas. Salah satunya adalah Taco HPL yang mampu betahan lama sampai dengan 10 tahun pemakaian.


Lihat Kraft Paper Atau Bagian Belakang HPL Laminate

HPL laminate yang diproses dengan baik pasti pengampelasan atrau sandingnya sempurna, sedangkan HPL Laminate palsu atau tiruan, hasil pengampelasannya tidak terlihat rapih dan ada beberapa kecacatan. Dan tidak terdapat sisa-sisa resin yang ditandai dengan adanya bercak hitam mengkilat karena HPL Laminate yang asli dan juga baik tidak akan terlihat sisa resinnya.

Distributor dan juga toko yang menjual HPL Laminate, Taco HPL berpesan agar Anda lebih teliti sebelum memilih. Karena HPL Laminate original terlihat dan juga terasa halus pada bagian belakang HPL Laminate atau bagian kraft papernya. Sedangkan HPL Laminate recycle atau tiruan, tanpa perlu Anda rasakan dapat terlihat jelas perbedaannya, lebih kasar dan tidak rata.


Ketebalan HPL

Di pasaran, ada banyak pilihan HPL Laminate dengan berbagai ketebalan yang sesuai standard, mulai dari 0,5 mm sampai dengan 2 mm. Semakin tebal HPL Laminate yang Anda pilih, maka akan lebih lama dalam proses pemuaian dan penyusutan pada saat diaplikasikan pada furniture. HPL Laminate yang semakin tebal cenderung sulit untuk dibentuk dibandingkan dengan HPL Laminate yang tipis.

Berdasarkan penuturan pemilik toko yang jual HPL Jakarta, HPL Laminate dengan bahan berkualitas akan menghasilkan produk yang lentur dan tidak mudah parat maupun retak. Sedangkan untuk HPL Laminate yang tidak berkualitas atau tiruan, akan sangat mudah patah saat diaplikasikan. Terlebih pada bidang furniture dengan sisi melengkung, HPL Laminate yang original akan sangat mudah dibentuk untuk mengikuti lengkungan dinding furniture.