Perekat Yang Tepat Untuk Foamboard



Seperti namanya Foamboard merupakan papan busa pengganti triplek yang ringan dan mudah dipotong. Foam Board  terbuat  dari polistiren dan dilindungi oleh dualembar kertas matte. 

Polystyrene ini merupakan bahan yang juga digunakan  untuk memproduksi styrofoam. Inti  papan busa polistiren terdiri dari 95-98% udara, itulah yang membuat papan ini cukup tingan.

Selain untuk kebutuhan interior foamboard juga sering digunakan untuk kerajinan tangan, bagi beberapa arsitek menggunkana foamboard untuk  membuat model bangunan atau maket.

Terlepas dari kegunaan khusus ini, papan busa biasanya digunakan untuk memamerkan karya seni dan foto seperti kanvas. Jika Anda menyukai DIY, kami telah mengumpulkan tiga ide proyek seni mengagumkan yang dapat Anda coba di rumah dengan papan busa untuk menambahkan sedikit semangat ke ruang Anda, dengan biaya yang relatif rendah.

Papan busa sangat sensitif terhadap jenis lem dan perekat tertentu. Jadi, sebelum kita mulai menjalankan proyek seni kita, mari beri tahu Anda lem mana yang harus dihindari dan lem mana yang bekerja dengan baik pada papan busa. Papan busa rentan terhadap kerusakan air / kelembaban, oleh karena itu hindari area lembab di rumah Anda termasuk dapur dan kamar mandi, jika Anda ingin tahan lebih lama.

Menggunakan lem kerajinan berbahan dasar pelarut atau lem lengket hanya berfungsi untuk tampilan sementara. Selain itu, alas lem cenderung membasahi kertas glossy dan menyebabkannya kusut. Beberapa perekat lain cenderung menggerogoti papan busa, dan itulah yang Anda coba hindari.

Lem panas dan PVA menempel dengan baik ke papan busa tanpa merusak papan atau penutup yang mengkilap. Bekerja dengan lem panas akan cepat mendingin, jadi Anda harus bekerja dengan cepat. Lem PVA atau Lem Elmer juga cocok dengan papan busa, namun, Anda harus menahan potongan-potongan itu hingga mengering.

Salah satu perekat terbaik untuk digunakan pada papan busa adalah perekat semprot. Hal ini dikarenakan ikatan yang kuat, tidak menimbulkan gelembung dan tidak merusak permukaan papan busa. Untuk menggunakan perekat semprot, pastikan penutup kertas di permukaan tidak rusak, jika tidak, perekat semprot dapat mengikis buih.